Damayanti

Guru menjadi luar biasa ketika berhasil mempublikasikan tulisannya. Goresan tinta emas yang terukir sebagai bukti guru tidak pernah berhenti berkarya....

Selengkapnya
Navigasi Web

Skenario Ajaran Baru Kemendikbud

Mendikbud Nadiem Makarim menegaskan bahwa keputusan pembukaan kembali sekolah akan ditetapkan berdasarkan pertimbangan Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 bukan sepihak oleh Kemendikbud (detik.com 23/5). Kemendikbud sudah menyiapkan semua skenario tetapi keputusan ada di dalam Gugus Tugas. Selanjutnya kemendikbud yang akan mengeksekusi dan mengkoordinasikan.

Keputusan yang akan diambil beserta formatnya setelah ada penyataan dari Gugus Tugas. Hal itu tidak hanya menyangkut pendidikan saja tetapi juga berhubungan dengan kesehatan. Pembukaan sekolah harus tunggu Covid-19 terkendali. Pernyataan tersebut disampaikan Mendikbud dalam Rapat Kerja secara telekonferensi dengan Komisi X DPR RI.

Kemendikbud menilai saat ini tidak diperlukan adanya perubahan tahun ajaran maupun tahun akademik tetapi mengenai metode belajarnya. Apakah belajar dari rumah atau di sekolah akan berdasarkan pertimbangan Gugus Tugas.

Wakil Ketua DPR, Sumi Dasco Ahmad meminta agar protokol khusus sektor pendidikan lebih diperhatikan lagi. Penerapan new normal, khusus sektor pendidikan masih harus didetilkan karena menyangkut keamanan anak-anak. Sulit bagi sekolah menggaransi anak-anak terbebas dari penularan covid-19. Hal itu akan menjadi masalah apabila ada satu murid yang terinfeksi virus tersebut. Dasco mengusulkan agar Kemendikbud tidak mengubah pola belajar, yang perlu dilakukan memindahkan lokasi belajar anak saja untuk menghindari penyebaran virus corona.

Pemerintah belum bisa memastikan kapan KBM akan kembali diterapkan. Pemerintah masih membahas hal-hal yang terkait dengan kegiatan tersebut. Selain itu, kesiapan daerah menggelar KBM di sekolah juga penting dipikirkan.

Penerapan skenario kemendikbud mengenai ajaran baru di sekolah masih menunggu pernyataan dari Gugus Tugas. Meski demikian, kemendikbud masih mempertimbangkan lokasi belajar demi keamanan dan kesehatan siswa.

Kita berharap Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dengan didukung oleh seluruh elemen masyarakat dapat segera menyelesaikan tugasnya. Masalah covid-19 dapat tertangani dengan baik agar KBM dapat kembali di kelas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga Indonesia secepatnya kembali normal, dan seluruh warga sekolah damai hatinya jika ke depannya sekolah dibuka kembali.

04 Jun
Balas

Amin. Insya Allah Bun Terima Kasih Bun. Salam kenal, Bun

04 Jun



search

New Post